2.
Jelaskan dan sebutkan macam-macam teknologi
manajemen SI, beri contoh ?
3.
Sebut dan jelaskan strategi desain dalam
merencang aplikasi manajemen layanan sistem informasi ?
4.
Perlukah keamanan untuk manajemen layanan SI ,
beri alasan ?
5.
Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile
dan web untuk manajemen layanan SI dan SS dari masing-masing tampilan webnya ?
Jawaban.
1. - ITIL(information technology infrastructure
library)
Adalah Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi.
-ASL (Application Service Library)
ASL adalah kepanjangan dari Application Service Library. Kumpulan dari
pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan
aplikasi.
-COBIT (Control Objective For
Information and Related Technology)
COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan
untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT
juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik,
faktor kesuksesan dan maturity model.
2.
-Disini saya mengambil contoh aplikasi yang
bernama TPS
(Transaction Processing System ) adalah siste informasi yang
terkomputerisasi yang di kembangkan untuk memperoses data yang besar.banyak di
gunakan oleh perusahaan besar untuk penggajian pegawai dan pencatatan
inventarisasi, sistem informasi ini dapat mengasilkan laporan yang detail ke
pada manajer dan dapat di gunakan untuk mengolah data seperti mengurutkan data,
melihat data, mengupdata data dll.
- OFFIce Automation Sistem (OAS)
Deangan sistem informasi ini user/pemakai dapat saling terhubung dengan
user lain dan di harapkan dapat memberikan kecepatan,keamanan, ketepatan dan
produktivitas kerja yang lebih efisien.Sistem informasi ini menghubungakan user
1 dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah server untuk mengendalikan
workstation dan peralatan lainnya.Melalui jaringan LAN dan Internet seorang
user dapat berkomunikasi dengan user lain tanpa batas ruang dan waktu.
-E-Banking
Dan yang terakhir adalah sistem informasi manajemen untuk perbankkan
yaitu internet bangking atau sering di sebut
E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk
bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi
interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik
individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis,
atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau
publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti
pintar elektronis seperti komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
3.
Empat strategi
-Strategi
sebagai Perspective.
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi
penyedia
layanan IT untuk melakukan
bisnis dengan konsumen.
-Strategi
sebagai Position.
Ini
mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam
layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas
yang memadai atau garansi).
-Strategi sebagai Plan.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana
penyedialayanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan
yang diinginkan.
-Strategi sebagai Pattern.
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam
mengambil keputusan
Desain
Aplikasi
1.
Unik : Dalam membuat karya apapun seorang
designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang
lain.
2.
Komposisi : sebuah aplikasi selalu memperhatikan
komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya.
3.
Simple : aplikasi yang berbasis web banyak yang
menggunakan prinsip “Keep it Simple”, hal ini ditujukan agar tampilan website
tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.
4.
Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang
mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda
atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti.
5.
Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan
aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca
dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih
ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link
sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi
adalah Informatif.
6.
Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan
yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai
akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama.Konsisten :
Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan
sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi.
4.
Di perlukan sekali, karena tanpa sistem keamanan
pada aplikasi akan membuat data kita mudah di ambil orang sistem kita di heck bahkan sampai mengakibatkan
kerusakan aplikasi dan jika sudah rusak suatu instansi atau perusahaan yang
menggunakan aplikasi tersebut akan mengalami kerugian besar di karenakan di
ambil contoh perusahaan dagang jika harga barang telah di simpan dan di
tetapkan by sistem aplikasi dan jika aplikasi tidak bisa di jalankan bisa saja
perusahaan salah menetapkan harga dan mengalami kerugian apalagi jika apikasi
di bagian bank. Keamanan sistem dimaksudkan untuk mencapai tiga tujuan utama
yaitu; kerahasiaan, ketersediaan dan integritas.
1. Kerahasian. Setiap
organisasi berusaha melindungi
data dan
informasinya dari pengungkapan
kepada pihak-pihak yang
tidak
berwenang. Sistem informasi
yang perlu mendapatkan
prioritas
kerahasian yang tinggi mencakup; sistem informasi eksekutif, sistem
informasi kepagawaian (SDM), sistem informasi keuangan, dan sistem
informasi pemanfaatan sumberdaya alam.
2. Ketersediaan. Sistem
dimaksudkan untuk selalu siap menyediakan data
dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.
Tujuan ini penting khususnya bagi sistem yang berorientasi informasi
seperti SIM, DSS dan sistem pakar (ES).
3. Integritas. Semua sistem
dan subsistem yang dibangun harus mampu
memberikan gambaran yang lengkap dan akurat dari sistem fisik yang
diwakilinya.
5.
WEB :
1.
BAAK Gunadarma
2.
DJP Online (Pelayanan Pajak)
3.
Internet Bangking BRI
Mobile
1.
Mobile Banking BRI
2.
Mobile BPJS Kesehatan
3.
KRL Access
Reff:
http://tiensampuh.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar